Scroll to top

STOP KARHUTLAH, Kapolres Batanghari Ingatkan Ancaman dan Dampaknya

By Administrator 11 Sep 2019, 17:13:11 WIB NASIONAL

Berita Terkait

Berita Populer

STOP KARHUTLAH, Kapolres Batanghari Ingatkan Ancaman dan  Dampaknya

Keterangan Gambar : Kegiatan Pemadaman Kebakaran Lahan yang dilakukan oleh Gabungan TNI Polri dan Satgas Karhutlah Kabupaten Batanghari


Tribratanews.batanghari.jambi.go.id - Terkait masih adanya kejadian terbakarnya, hutan di wilayah Kabupaten Batanghari, direspon cepat Kapolres Batanghari AKBP Mohamad Santoso SH SIK, yang menegaskan akan sanksi dan dampak dari Membakar Hutan dan Lahan (Karhutla). Untuk itu, dihimbau masyarakat agar turut perduli dan menghentikan aktifitas pembakaran hutan dan lahan.

Ia pun menjelaskan, dampak dari pembakaran lahan ini akan menyebabkan kebakaran ke wilayah lainnya, terutama lahan yang berada tidak jauh dari hutan. Dampak dari kebakaran hutan, akan memicu masalah internasional. Mengingat, pemerintah telah menetapkan aturan dan sanksi bagi yang membakar hutan, apalagi membakar lahan yang akan berdampak pada kebakaran hutan. Karena, pemerintah meminta masyarakat bersama melindungi hutan, yang saat ini sudah berkurang sangat signifikan.

Maka itu sambung Kapolres, kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok dan melakukan aktivitas pembakaran, meskipun itu hanya membakar sampah yang bisa jadi menjalar ke tempat lain, seperti rerumputan dan lahan yang mengering.

Regulasi yang akan menjerat bagi pelaku Karhutla tertangkap tangan dan terbukti, akan diproses dengan Undang-undang RI Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHP. Selanjutnya, Undang-undang RI Nomor 41 Tahun 1999, tentang Kehutanan. Undang-undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup. Terkahir, Undang-undang RI Nomor 39 tahun 2009, tentang Perkebunan.(Ndra)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Sambutan Kapolres

Komitmen Kepolisian Resort Batanghari mewujudkan transparansi dan aktualisasi dalam tubuh kepolisian serta sistematika penyampaian berita ataupun wacana dalam ruang lingkup Kepolisian Resort... Selengkapnya

PEMBANTU PIMPINAN DAN PENGAWAS

Video Terbaru

LINK TERKAIT

POLLING

Apakah isi content website ini sudah lengkap?

  Lengkap
  Cukup Lengkap
  Kurang Lengkap

AGENDA

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 👤 User Online 1
  • 👤 Today Visitor 1
  • 👤 Hits hari ini 677
  • 👤 Total Hits 678868
  • 👤 Total pengunjung 1091